KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABUDIN NATA

Oleh: Surawardi dan Dina Amalia

ABSTRAK

Pemikiran Abuddin Nata merupakan kumpulan pemikiran dari para pakar pendidikan yang dipoles sehingga tercipta konsep yang lebih mutakhir. Metode pembelajaran menurut Abuddin Nata paling tidak ada tiga metode dalam proses pembelajaran, yaitu teacher centris, student centris, dan penggabungan antara teacher centris dan student centris. Abuddin Nata menguraikan metode Quantum Teaching yang merupakan perpaduan dan penyempurnaan dari metode-metode yang telah ada sebelumnya. Menurut Abuddin Nata perubahan kurikulum penting dilakukan untuk mengimbangi perkembangan zaman, akan tetapi harus ditangani oleh orang-orang yang ahli dibidangnya.

Abuddin Nata berusaha untuk mencerdaskan tidak hanya secara intelektual semata, tetapi juga jiwa dan raga serta membina keterampilan bagi peserta didik oleh tenaga profesional dengan metode dan berbagai aspeknya yang sesuai dengan tuntutan zaman dan tidak terlepas dari ajaran agama Islam. Pendidikan Islam sekarang jauh lebih berat, di zaman sekarang selain menghadapi pertarungan ideologi-ideologi besar dunia juga menghadapi berbagai kecenderungan seperti kecenderungan integrasi ekonomi, politik, teknologi komunikasi dan informasi, ketergantungan, dan tuntutan budaya masyarakat untuk memperoleh pekerjaan. Relevansinya konsep pendidikan yang dihasilkan dari Abuddin Nata patut mendapatkan penghargaan, sebab konsep ini menurut hemat penulis sangat cocok dengan perkembangan pendidikan sekarang yang selain mengedepankan keilmuan semata, tetapi juga memperhatikan masalah kejiwaan dan keahlian serta keterampilan.

Kata Kunci: Konsep, pendidikan, teacher centris, student centris, Quantum Teaching

Download

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABUDIN NATA